INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Kebergunaan)





1.         Definisi  Kebergunaan
Kebergunaan(usability) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alat atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentudan tingkat kepuasan dalam menggunakannya. Dalam interaksi manusia komputer dan ilmu komputer, kebergunaan biasanya merujuk pada keluwesan dan kejelasan interaksi dengan hasil rancangan suatu program komputer atau situs web.

2.         Penentu Keberhasilan Sistem 
Menurut Dix Keberhasilan ditentukan oleh kombinasi 3 kata guna, yaitu: useful, usable, used.
      Useful / berguna: sistem berfungsi sebagaimana yg diinginkan penggunanya
      Usable / dapat digunakan: sistem mudah dioperasikan.
      Used / Digunakan: sistem yang memotivasi penggunanya, menarik, menyenangkan.

3.         Komponen Kualitas Kebergunaan
Menurut Nielsen ada 5 komponen untuk menentukan kualitas kebergunaan sistem yaitu:
      •      Kemampuan  untuk  dipelajari  (learnability)
      •      Cara yang dapat dilakukan sistem (Efisisensi)
      •    Mudah  diingat  (memorability)
      •      Kesalahan dan keamanan(perlindungan)
      •      Kepuasan 

4.         Uji  Kebergunaan
    1)      Uji Kebergunaan Menurut Levi And Conrad (1997) :
      Uji Eksploratori : Bertujuan  untuk  menguji  sebuah  sistem  dan  mencari  titik-titik  dimana  pengguna mengalami  kebingungan,  kesalahan,  atau  unjuk  kerjanya  melambat.
      Threshold Testing : Digunakan  untuk  mengukur  kinerja  sistem  terhadap  sejumlah  sasaran  yang  ditentukan terlebih dahulu. Uji ini merupakan uji lolos/gagal.
      Uji Perbandingan : Untuk mengukur dari dua rancangan untuk menentukan rancangan yang lebih cocok bagi pengguna.
    2)      Menurut Hilbert & Redmiles (2000)
      Uji formatif : memberikan umpan balik ke perancang sistem terhadap rancangannya.
      Uji sumatif : memberikan penilaian terhadap “produk jadi.

5.         Kesalahan Klasik
      anggapan bahwa perilaku seseorang telah mewakili suatu kelompok dimana dia berada
      keinginan atasan yang harus dilakukan
      kebiasaan atau tradisi lama
      anggapan implicit yang tidak sesuai / tidak didukung
      penundaan evaluasi
      evaluasi formal yang menggunakan kelompok subyek yang tidak sesuai
      eksperimen yang tidak dapat di analisis
6.         Kepuasan Berinteraksi

Kepuasan berinteraksi merupakan salah satu criteria penting untuk menentukan kebergunaan dari sebuah sistem. Kebergunaan sebuah sistem dapat di uji dengan beberapa cara yang dimana digunakan penguji untuk mendapatkan data kuantitatif. kepuasan berinteraksi dapat dicapai apabila sistem memenuhi delapan aturan berikut :
     •      Konsistensi
     •      Fasilitas Kunci-cepat
     •      Umpan balik yang informatif
     •      Rancangan dialog yang mengarah ke penutupan
     •      Pencegahan dan penanganan kesalahan
     •      Pembalikan tindakan yg mudah (reversible)
     •      Dukungan pada locus of control internal
     •      Pengurangan beban memori jangka pendek

7.         Manfaat Kebergunaan
Secara umum, tujuan dari peningkatan kebergunaan adalah peningkatan pengalaman pengguna. Dengan tingkat kebergunaan yang tinggi, pada akhirnya pengalaman pengguna akan baik pula, ada beberapa keuntungan potensial yang bisa diraih. Hal ini meliputi:
    •      Meningkatnya efisiensi
    •      Meningkatnya produktivitas
    •      Pelatihan yang lebih sedikit.
    •      Berkurangnya dukungan produk
    •      Meningkatnya penerimaan
    •      Mengurangi biaya pengembangan

   •      Meningkatnya penjualan.